Skip to main content

Anatomi Naskah Iklan Media Cetak

Sebelum membahas teknik penulisan naskah iklan media cetak, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu anatomi sebuah iklan cetak. Ini ada kaitannya dengan pengenalan-pengenalan istilah yang biasa digunakan dalam pembuatan iklan tersebut. Iklan cetak (printad) umumnya memiliki unsur-unsur utama yang menggunakan istilah-istilah sebagai berikut :

Headline atau judul ( yang tentu harus ada kaitannya dengan bodycopy-nya)
Visual, Illustrasi, gambar atau foto orang (model) atau apa pun yang berkaitan dengan konsep kreatif dan/ atau foto produk itu sendiri.
Bodycopy, atau teks yang memberikan informasi yang lebih rinci tentang produk atau jasa yang dijual.
Product Shot atau foto produk (yang sekaligus bisa menampilkan nama merk). Product Shot ini bisa saja merupakan main visual atau illustrasi utama.
Baseline yang biasanya terletak paling bawah di layout iklan. Di bagian ini bisa dimasukkan tagline, slogan, catch phrase, atau nama dan alamat perusahaan pengiklan.



Headline
Visual
Bodycopy
Product Shot 
Baseline



Unsur lain yang sering muncul dalam iklan :
f. Kupon, yaitu bila pengiklan menginginkan response langsung (direct Response) dari sasaran atau untuk kepentingan survey konsumen dengan pencantuman kode tertentu.
Flash, Tulisan yang dibuat dengan unsur grafis tertentu agar lebih menekankan keterangannya.

Sumber : http://ramakerta.blogspot.com/2007/11/anatomi-naskah-iklan-media-cetak.html?m=1

Comments

Popular posts from this blog

Kantor Pos Indonesia bersejarah di Kota Tua

Jakarta :- Gedung Pos di Taman Fatahillah akan mengalami konservasi terkait rencana Pemerintah Jakarta untuk merevitalisasi kawasan Kota Tua. Salah satu kantor pos tertua di Jakarta itu akan difungsikan menjadi  art contemporer museum  dan  visitor information center . Pendiri Komunitas Historia Asep Kambali menuturkan kantor pos tersebut didirikan 1928 pada masa pemerintahan Belanda. Sesuai namanya, kantor pos tersebut didirikan untuk melayani jasa surat menyurat pada masa itu. "Dibangun untuk keperluan komunikasi dari Batavia ke luar (seluruh Indonesia)," kata dia kepada Tempo Selasa 4 Maret 2014. Menurut Asep, pada masanya kantor pos tersebut memiliki fungsi penting karena terletak di pusat pemerintahan. "Saat kantor pos itu dibangun, Museum Fatahillah adalah Kantor Pemerintahan Jawa Barat," kata dia. Memasuki 1930-an, Asep menuturkan, kawasan Kota Tua bergeser menjadi pusat bisnis dengan dibangunnya berbagai kantor perusahaan. "Seperti beberapa...

Contoh Desain Iklan Parfum Media Cetak

Fujifilm X-T30, Versi Hematnya X-T3 dengan X-Trans 4 26-MP

Berbeda dengan Canon, Nikon, dan Panasonic yang tengah sibuk mengembangkan ekosistem  mirrorless full frame  mereka masing-masing, Fujifilm masih enggan berkecimpung di ranah  full frame . Setidaknya untuk saat ini, menurut mereka peningkatan yang dibawa oleh sensor  full frame  dari APS-C tidak terlalu signifikan dan Fujifilm lebih memilih lompat langsung ke  medium format . Setelah merilis  Fujifilm X-T3 , kamera  mirrorless  APS-C flagship dengan sensor X-Trans 4 pada bulan September 2018 lalu, kini mereka telah mengumumkan Fujifilm X-T30. Penerus dari Fujifilm X-T20 ini mengangkut banyak fitur baru yang terdapat pada Fujifilm X-T3, sensor baru BSI CMOS X-Trans 4 26- megapixel  salah satunya. Fujifilm X-T30 juga didukung X-Processor 4 dengan CPU  quad-core  yang sama. Memiliki sistem  AF hybrid  425 poin mencakup seluruh  frame  dan native ISO terendahnya adalah 160. Ia mampu memotret bertu...