Skip to main content

UTS Perencanaan Strategi Kreatif Iklan


UTS

Nama : Akmal Zulfa Nitia Wiguna
Kelas : MKV101
Pelajaran : Perencanaan Strategi Kreatif Iklan
Kode Soal : B

Soal :
1.    1.  Jelaskan tentang arti Creative Thingking sesuai alur dibawah ini ?
              Hasil gambar untuk kreatif thinking

Jawaban : Kemampuan Mental & berbagai jenis ketereampilan khas manusia yang dapat melahirkan pengungkapan yang
-          Unik
-          Bertanda
-          Orisinal
-          Baru
-          Indah
-          Efisien
-          Tepat sasaran
-          Tepat Guna



2.      2. Dalam marketing brief biasanya klien mencantumkan SWOT yaitu :

Strength, Weakness, Opportunity, Threat. Tujuannya adalah  mampu menganalisa suatu produk ihadapkan atau dibandingkan dengan produk pesaing, serta kondisi dan kecenderungan pasar ( market trend ).Buatlah analisa SWOT untuk Produk Yoghurt Cimori untuk membantu dalam pembuatan iklan.
Jawaban :
                STRENGTH (KEKUATAN) :
Mempunyai ciri khas menu yang berbeda dengan usaha yoghurt yang lainnya yaitu yoghurt yang sangat sehat.
- Tempatnya strategis sehingga mudah untuk dikunjungi.
- Rasanya sangat enak.
- Harganya cukup murah ,terjangkau, pelayanan memuaskan, rapi dan bersih.
- Dibuat dengan sangat Steril.
                WEAKNESS (KELEMAHAN) :
·  Tidak cocok bagi orang yang tidak suka yoghurt.
·  Belum mempunyai cabang.
·  Kurang modal untuk memulai usaha.
·  Harga bahan baku tidak stabil.
                OPPORTUNITY (PELUANG) :
-  Digemari sebagian besar orang.
-  Ciri khas menu yaitu yoghurt  menjadikan usaha ini sangat menjanjikan.
                THREAT (ANCAMAN) :                   
-  Banyak saingan diluar sana.
-  Harga bahan baku yang sewaktu-waktu bisa naik dapat menyebabkan kenaikan harga yoghurt  yang mungkin dapat mengurangi pembeli.
-  Bila hujan turun maka orang malas keluar sehingga pembeli tidak begitu banyak (jarang).



3.   3.   Pada bentuk iklan cetak koran ada yang kita kenal dengan iklan Display, iklan Display adalah iklan yang disajikan dalam bentuk kotak dan biasanya ukuran lebih dari 1 kolom minimal 2 kolom.., Buatlah iklan Display untuk Politeknik LP3I Kampus Depok.

Jawaban : 

4.   4.  Iklan kreatif adalah seni dalam dimensi kreatifnya dan sekaligus sains dalam dimensi strategisnya.  Buatlah sebuah iklan untuk media cetak berupa iklan Layanan Masyarakat tentang bahaya Hoax. Menggunakan  software desain apa saja. Ukuran A4.Buatlah dengan menggabungkan gambar-gambar yang memiliki tujuan akhir mengajak orang untuk berhenti menyebar hoax
Jawaban : 

5.  5.  Buatlah naskah iklan produk untuk media radio dengan brief Client sebagai berikut :



Nama Klien     : PT.Tirta investama ( Danone-Aqua)
Merek/Brand   : Aqua
Media              : Radio
Durasi             : 30 sec


Naskah harus mampu mendeskripsikan bahwa Aqua adalah Produk air mineral yang menginspirasi orang-orang untuk hidup sehat dan selalu fokus.

Lengkap dengan unsur-unsur pada iklan Radio seperti :
·         Mvo/Fvo,
·         Sfx,
·         Music/Jinggle,
·         Narator

Jawaban :
-Sfx : Motor mengerem dan berhenti-
Male 1 : Wah Akhirnya sampe deh
Male 2 : iya nih haha
-Sfx : Buka pintu supermarket-
-Sfx : Male 2 Buka pintu kulkas minuman-
Male 2 : Bro, mau aqua?
Male 1 : Nanti aja bro (Sfx bunyi lonceng sekali)
-Sfx : Buka pintu supermarket-
-Sfx : Naik ke atas motor-
Male 1 : Ayo bro (Sfx : Nepuk Pundak )
Male 3 : hah?
Male 1 : Waduh salah naik (Sambil melihat ke arah temannya di motor yang berbeda)
Narrator : Kurang minum dapat menurunkan fokus
Male 1 : Ada Aqua?
-Jingle official Aqua-


Comments

Popular posts from this blog

Kasus KFC Impor Ayam suntik dan klarifikasi nya

                 Jakarta - Isu ketidakamanan makanan restoran kembali beredar di pesan broadcast BlackBerry Messenger (BBM). Kali ini terkait jaringan restoran Barat terbesar di Indonesia, Kentucky Fried Chicken (KFC). Sabtu (09/11/13), para pengguna BBM menerima pesan broadcast tentang KFC Amerika Serikat yang bereksperimen memperbesar daging ayam dengan menyuntikkan zat kimia. Namun, karena gagal, jutaan ekor ayam hasil ujicoba tersebut dijual murah ke KFC Indonesia. Namun, kabar burung ini segera disanggah oleh KFC Indonesia lewat sebuah press release di websitenya. "Isu ayam impor KFC yang beredar saat ini di media sosial sangat tidak benar. Ayam KFC adalah ayam sehat dan layak konsumsi yang diambil dari peternak lokal. "Hal ini sejalan dengan peraturan pemerintah yang ketat dalam mengatur impor ayam potong, terutama dalam hal kehalalan," jelas Maman Sudarisman, manajer hubungan masyarakat PT Fastfood Indonesia Tbk. sebagai pemegang hak waralaba tunggal KFC d

Contoh Desain Iklan Parfum Media Cetak

Kantor Pos Indonesia bersejarah di Kota Tua

Jakarta :- Gedung Pos di Taman Fatahillah akan mengalami konservasi terkait rencana Pemerintah Jakarta untuk merevitalisasi kawasan Kota Tua. Salah satu kantor pos tertua di Jakarta itu akan difungsikan menjadi  art contemporer museum  dan  visitor information center . Pendiri Komunitas Historia Asep Kambali menuturkan kantor pos tersebut didirikan 1928 pada masa pemerintahan Belanda. Sesuai namanya, kantor pos tersebut didirikan untuk melayani jasa surat menyurat pada masa itu. "Dibangun untuk keperluan komunikasi dari Batavia ke luar (seluruh Indonesia)," kata dia kepada Tempo Selasa 4 Maret 2014. Menurut Asep, pada masanya kantor pos tersebut memiliki fungsi penting karena terletak di pusat pemerintahan. "Saat kantor pos itu dibangun, Museum Fatahillah adalah Kantor Pemerintahan Jawa Barat," kata dia. Memasuki 1930-an, Asep menuturkan, kawasan Kota Tua bergeser menjadi pusat bisnis dengan dibangunnya berbagai kantor perusahaan. "Seperti beberapa