Sebelum membahas teknik penulisan naskah iklan media cetak, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu anatomi sebuah iklan cetak. Ini ada kaitannya dengan pengenalan-pengenalan istilah yang biasa digunakan dalam pembuatan iklan tersebut. Iklan cetak (printad) umumnya memiliki unsur-unsur utama yang menggunakan istilah-istilah sebagai berikut :
Headline atau judul ( yang tentu harus ada kaitannya dengan bodycopy-nya)
Visual, Illustrasi, gambar atau foto orang (model) atau apa pun yang berkaitan dengan konsep kreatif dan/ atau foto produk itu sendiri.
Bodycopy, atau teks yang memberikan informasi yang lebih rinci tentang produk atau jasa yang dijual.
Product Shot atau foto produk (yang sekaligus bisa menampilkan nama merk). Product Shot ini bisa saja merupakan main visual atau illustrasi utama.
Baseline yang biasanya terletak paling bawah di layout iklan. Di bagian ini bisa dimasukkan tagline, slogan, catch phrase, atau nama dan alamat perusahaan pengiklan.
Headline
Visual
Bodycopy
Product Shot
Baseline
Unsur lain yang sering muncul dalam iklan :
f. Kupon, yaitu bila pengiklan menginginkan response langsung (direct Response) dari sasaran atau untuk kepentingan survey konsumen dengan pencantuman kode tertentu.
Flash, Tulisan yang dibuat dengan unsur grafis tertentu agar lebih menekankan keterangannya.
Sumber : http://ramakerta.blogspot.com/2007/11/anatomi-naskah-iklan-media-cetak.html?m=1
Comments
Post a Comment